Rabu, 20 Februari 2013

PELAYANAN PRIMA


Pelayanan prima adalah…
Suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan merasa tertarik untuk datang kembali untuk produk dan jasa yang kita tawarkan .
Manfaat Pelayanan prima
1.       Dapat menciptakan komunikasi yang positif dan harmonis antara perusahaan bisnis dengan pelanggan
2.       Dapat mendorong bangkitnya rasa simpatik dan loyalitas dari para kolega dan pelanggan
3.       Dapat membentuk opini public yang positif ,sehingga mendorong dihasilkan produk baru yang berkualitas .
4.       Dapat membina hubungan yang baik dan harmonis dengan para kolega dan pelanggan .
Indikator kualitas pelayanan menurut para konsumen
1.       Tangibles :kualitas pelayanan berupa sarana fisik ruang tunggu ,dan sebagainya
2.       Realibility : Kemampuan dan keandalan dalam menyediakan pelayanan yang terpecaya
3.       Responsivness : kesanggupan untuk membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat serta tanggap terhadap keingginan konsumen.
4.       Assurance :kemampuan dan keramahan dan sopan santun dalam meyakinkan kepercayaan konsumen
5.       Emphaty : sikap tegas tetapi ramah dalam memberikan pelayanan kepada konsumen .
Sikap dalam memberikan pelayanan prima
1.       Passionate “ gairah “
Kita perlu memiliki gairah untuk menghasilkan semangat besar terhadap pekerjaan ,diri sendiri maupun orang lain.dari tingkah laku kita dan cara memberikan pelayanan kepada para konsumen ,konsumen akan mengetahui apkah kita menghargai mereka atau tidak .jika kita memiliki gairah hidup yang tinggi ,kita akan cenderung akan memberikan pelayanan dengan senyum ,vitalitas , dan antusiasme yang akan menular kepada orang –orang yang kita layani ,sehingga mereka akan merasa senang bekerja sama,berbisnis,dan berkomunikasi dengan kita
2.       Progressive “ progresif”
Kita perlu senantiasa berusaha menciptakan  cara – cara baru yang lebih efektif ,lebih efisien ,dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kita. Sikap progresif ini bias di kembangkan jika kita memiliki pikiran yang terbuka ,wawasan yang luas ,kemauan balajar tinggi ,keberanian menghadapi perusahaan ,dan tidak membatasi diri pada cara – cara memberi pelayanan yang monoton.
3.       Proactive “ proaktif”
Kita perlu secara aktif mencari pelanggan .jangan membiarkan calon konsumen kita merasa kebingungan dan berjalan mondar-mandir bertanya pada orang . walaupun konsumen tersebut tidak mendekati kita dan bertanya kepada kita (mungkin karena malu,atau tidak tahu kepada siapa harus bertanya),kita bisa  terlebih dahulu mendekati mereka dan bertanya kepada mereka barang kali kita bisa membantu mereka.
Sikap ini juga dapat di pupuk dengan senantiasa bekerja lebih dari sekedar apa yang seharusnya kita lakukan dan secara aktif berupaya menemukan cara- cara baru untuk menambah makan dan rasa cinta pada pekerjaan dan bisnis yang kita tekuni.
4.       Positive “ positif”
Bersikap positif  mendorong kita untuk tidak mudah patah semangat atas masalah yang kita hadapi .bersikap positif membimbing kita untuk lebih fokus pada penyelesaian bukannya pada masalah.sikap ini dapat mengubah suasana dan menebar kegairahan pada hampir semua interaksi dengan konsumen.
UNSUR – UNSUR Kualitas pelayanan prima
1.       Penampilan
Personal dan fisik sebagaimana layanan kantor depan “receptionist”memerlukan persyaratan seperti : wajah harus  menawan ,badan harus tegap /tidak cacat tutur bahasa yang menarik,familiar dalam berperilaku ,penampilan penuh percaya diri,busana harus menarik.
2.       Tepat waktu dan janji
Secara utuh dan prima petugas pelayanan dalam menyampaikan perlu di perhitungkan janji yang akan sampaikan kepada pelanggan,bukan sebaliknya selalu ingkar janji.
3.       Kesediaan melayani
Sebagaimana fungsi dan wewenang harus melayani kepada para pelanggan ,konsekuensi logis petugas harus benar- benar bersedia melayani para pelanggan.
4.       Pengetahuan dan keahlian
Sebagai syarat untuk melayani dengan baik ,petugas harus mempunyai pengetahuan dan keahlian .di sini petugas pelayanan harus memiliki  tingkat pendidikan tertentu dan pelatihan tertentu yang disyaratkan dalam jabatan serta memiliki pengalaman yang luas di bidangnya.
5.       Kesopanan dan ramah tamah
Masyarakat pengguna jasa pelayanan itu sendiri dan lapisan masyarakat baik tingkat status ekonomi dan social rendah maupun tinggi terdapapt perbedaan karakternya maka petugas pelayanan masyarakat dituntut adanya keramahan yang berstandar dalam melayani ,sabar,tidak egois ,dan santun dalam bertutur kepada pelanggan.
6.       Kejujuran dan kepercayaan
Dalam memberikan pelayanan kita harus transparan dari aspek kejujuran ,jujur dalam bentuk aturan ,jujur dalam pembiayaan dan jujur dalam penyelesaian waktunya .hal tersebut akan menimbulkan rasa kepercayaan dari pelanggan kepada pelayanan yang kita berikan.
7.       Kesederhanaan
Prosedur dan tata cara pelayanan kepada pelanggan untuk di perhatikan kemudahan ,tidak berbelit- belit dalam pelaksanaan.
Karakteristik  pelayanan prima
1.       Mudah dan Cepat
Pola system pelayanan harus di desain secara sederhana,mudah di pahami baik oleh pelanggan maupun karyawan sendiri.hal ini dapat di tunjang dengan kecanggihan teknologi.
2.       Keterbukaan
Buatlah pelanggan merasa di perhatikan secara tulus/tanpa pamrihdan terbuka,tidak di akal-akali .hati-hati ,proff is a reality not a promise artinya pegang teguh segala janji dan iming-imingsecara konsisten dan penuh komitmen .
3.       Perhatikan kepada kebutuhan
Kita harus dapat merasakan apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan agar dapat memberikan respon yang jitu kepada pelanggan .
4.       Keakraban
Buat pelanggan merasa di hargai dan di hormati,selalu tersenyum ,penuh perhatian ,berbicara secara jelas dan berorientasi pasti membuat siapapun akan kembali lagi untuk memakai jasa kita.
Tujuan pelayanan prima
1. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
2. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan
3. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang dan jasa yangditawarkan.

1 komentar:

  1. Casino Slot Machines - Goyang County
    Casino Slot Machines 에밀리벳리카즈 by Microgaming. seda bet $7,000. Free slot machine 온라인바카라 machines in denominations from 먹튀 커뮤니티 1 승인 전화 없는 토토 사이트 to 50 cents per play. $20 no deposit bonus, up to $1,600. $20 free chip

    BalasHapus