Pelayanan prima adalah…
Suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan
pelanggan sehingga pelanggan merasa tertarik untuk datang kembali untuk produk
dan jasa yang kita tawarkan .
Manfaat Pelayanan prima
1.
Dapat menciptakan komunikasi yang positif dan
harmonis antara perusahaan bisnis dengan pelanggan
2.
Dapat mendorong bangkitnya rasa simpatik dan
loyalitas dari para kolega dan pelanggan
3.
Dapat membentuk opini public yang positif
,sehingga mendorong dihasilkan produk baru yang berkualitas .
4.
Dapat membina hubungan yang baik dan harmonis
dengan para kolega dan pelanggan .
Indikator kualitas pelayanan menurut para konsumen
1.
Tangibles :kualitas pelayanan berupa sarana
fisik ruang tunggu ,dan sebagainya
2.
Realibility : Kemampuan dan keandalan dalam menyediakan
pelayanan yang terpecaya
3.
Responsivness : kesanggupan untuk membantu dan
menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat serta tanggap terhadap keingginan
konsumen.
4.
Assurance :kemampuan dan keramahan dan sopan
santun dalam meyakinkan kepercayaan konsumen
5.
Emphaty : sikap tegas tetapi ramah dalam
memberikan pelayanan kepada konsumen .
Sikap dalam memberikan pelayanan prima
1.
Passionate “ gairah “
Kita perlu memiliki gairah untuk
menghasilkan semangat besar terhadap pekerjaan ,diri sendiri maupun orang lain.dari
tingkah laku kita dan cara memberikan pelayanan kepada para konsumen ,konsumen
akan mengetahui apkah kita menghargai mereka atau tidak .jika kita memiliki
gairah hidup yang tinggi ,kita akan cenderung akan memberikan pelayanan dengan
senyum ,vitalitas , dan antusiasme yang akan menular kepada orang –orang yang
kita layani ,sehingga mereka akan merasa senang bekerja sama,berbisnis,dan
berkomunikasi dengan kita
2.
Progressive “ progresif”
Kita perlu senantiasa berusaha
menciptakan cara – cara baru yang lebih
efektif ,lebih efisien ,dan lebih menarik untuk meningkatkan kualitas pelayanan
kita. Sikap progresif ini bias di kembangkan jika kita memiliki pikiran yang
terbuka ,wawasan yang luas ,kemauan balajar tinggi ,keberanian menghadapi
perusahaan ,dan tidak membatasi diri pada cara – cara memberi pelayanan yang
monoton.
3.
Proactive “ proaktif”
Kita perlu secara aktif mencari pelanggan
.jangan membiarkan calon konsumen kita merasa kebingungan dan berjalan
mondar-mandir bertanya pada orang . walaupun konsumen tersebut tidak mendekati
kita dan bertanya kepada kita (mungkin karena malu,atau tidak tahu kepada siapa
harus bertanya),kita bisa terlebih
dahulu mendekati mereka dan bertanya kepada mereka barang kali kita bisa membantu
mereka.
Sikap ini juga dapat di pupuk dengan
senantiasa bekerja lebih dari sekedar apa yang seharusnya kita lakukan dan
secara aktif berupaya menemukan cara- cara baru untuk menambah makan dan rasa
cinta pada pekerjaan dan bisnis yang kita tekuni.
4.
Positive “ positif”
Bersikap positif mendorong kita untuk tidak mudah patah
semangat atas masalah yang kita hadapi .bersikap positif membimbing kita untuk
lebih fokus pada penyelesaian bukannya pada masalah.sikap ini dapat mengubah
suasana dan menebar kegairahan pada hampir semua interaksi dengan konsumen.
UNSUR – UNSUR Kualitas pelayanan prima
1.
Penampilan
Personal dan fisik sebagaimana layanan
kantor depan “receptionist”memerlukan persyaratan seperti : wajah harus menawan ,badan harus tegap /tidak cacat tutur
bahasa yang menarik,familiar dalam berperilaku ,penampilan penuh percaya
diri,busana harus menarik.
2.
Tepat waktu dan janji
Secara utuh dan prima petugas pelayanan
dalam menyampaikan perlu di perhitungkan janji yang akan sampaikan kepada
pelanggan,bukan sebaliknya selalu ingkar janji.
3.
Kesediaan melayani
Sebagaimana fungsi dan wewenang harus
melayani kepada para pelanggan ,konsekuensi logis petugas harus benar- benar
bersedia melayani para pelanggan.
4.
Pengetahuan dan keahlian
Sebagai syarat untuk melayani dengan baik
,petugas harus mempunyai pengetahuan dan keahlian .di sini petugas pelayanan
harus memiliki tingkat pendidikan
tertentu dan pelatihan tertentu yang disyaratkan dalam jabatan serta memiliki
pengalaman yang luas di bidangnya.
5.
Kesopanan dan ramah tamah
Masyarakat pengguna jasa pelayanan itu
sendiri dan lapisan masyarakat baik tingkat status ekonomi dan social rendah
maupun tinggi terdapapt perbedaan karakternya maka petugas pelayanan masyarakat
dituntut adanya keramahan yang berstandar dalam melayani ,sabar,tidak egois
,dan santun dalam bertutur kepada pelanggan.
6.
Kejujuran dan kepercayaan
Dalam memberikan pelayanan kita harus
transparan dari aspek kejujuran ,jujur dalam bentuk aturan ,jujur dalam
pembiayaan dan jujur dalam penyelesaian waktunya .hal tersebut akan menimbulkan
rasa kepercayaan dari pelanggan kepada pelayanan yang kita berikan.
7.
Kesederhanaan
Prosedur dan tata cara pelayanan kepada
pelanggan untuk di perhatikan kemudahan ,tidak berbelit- belit dalam
pelaksanaan.
Karakteristik
pelayanan prima
1.
Mudah dan Cepat
Pola system pelayanan harus di desain
secara sederhana,mudah di pahami baik oleh pelanggan maupun karyawan
sendiri.hal ini dapat di tunjang dengan kecanggihan teknologi.
2.
Keterbukaan
Buatlah pelanggan merasa di perhatikan
secara tulus/tanpa pamrihdan terbuka,tidak di akal-akali .hati-hati ,proff
is a reality not a promise artinya pegang teguh segala janji dan
iming-imingsecara konsisten dan penuh komitmen .
3.
Perhatikan kepada kebutuhan
Kita harus dapat merasakan apa yang
sebenarnya diinginkan oleh pelanggan agar dapat memberikan respon yang jitu
kepada pelanggan .
4.
Keakraban
Buat pelanggan merasa di hargai dan di
hormati,selalu tersenyum ,penuh perhatian ,berbicara secara jelas dan
berorientasi pasti membuat siapapun akan kembali lagi untuk memakai jasa kita.
Tujuan pelayanan prima
1. Untuk menimbulkan kepercayaan dan
kepuasan kepada pelanggan
2. Untuk menjaga agar pelanggan
merasa dipentingkan dan
diperhatikan
3. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang
dan jasa yangditawarkan.
Casino Slot Machines - Goyang County
BalasHapusCasino Slot Machines 에밀리벳리카즈 by Microgaming. seda bet $7,000. Free slot machine 온라인바카라 machines in denominations from 먹튀 커뮤니티 1 승인 전화 없는 토토 사이트 to 50 cents per play. $20 no deposit bonus, up to $1,600. $20 free chip