Rabu, 20 Februari 2013

PROPOSAL USAHA


PROPOSAL USAHA

Latar Belakang

            Seiring dengan berkembangnya zaman dari tahun ke tahun manusia di tuntut untuk bertindak kreatif  dan bersikap kritis terhadap berbagai tantangan yang berada di masyarakat . Tuntutan ekonomi meminta kita agar selalu berusaha dalam mencari pekerjaan masing-masing dari kita biasanya menghalalkan berbagai cara untuk mendapat pekerjaan misalnya dengan menyogok pihak tertentu . Tapi pada era globalisasi ini dengan peningkatan angka kelahiran yang cukup drastis,sehingga angka penganggura pun ikut mengalami kenaikan yang sangat signifikan .
            Maka dari pada itu jiwa wirausaha kita harus kita pupuk dan tingkat guna dapat kita gunakan sebagai sarana untuk membuka lapangan kerja baru dan mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya . hal-hal diataslah yang membuat kami berkeinginan untuk membuka usaha kecil meskipun dengan omset yang tidak terlalu besar setidaknya kita dapat memberdayakan potensi dan kemampuan penduduk setempat yang notabenya belum mendapatkan pekerjaan.
            Usaha kecil banyak sekali jenisnya ada yang bergerak di bidang jasa maupun barang. Usaha memproduksi barangpun banyak jenisnya ada yang berupa benda ada juga yang makanan , makanan pun banyak sekali jenisnya ada mean cors dan dessert(makanan pencuci mulut), masih ada banyak lagi ada yg berupa puding ataupun gorengan.Di sekolah ada banyak yg berjualan gorengan akan tetapi letak mereka yg saling berjauhan dan satu penjual hanya menjual tidak banyak jenisnya sehingga calon pembeli sulit memilih jenis gorengan yg mereka inginkan .untuk itu kami berniat untuk membuka usaha gorengan dgn bermacam-macam jenis nya dan dengan pelayanan yg lebih mudah dan pastinya akan membuat calon pembeli senang.
            Maka untuk itu kami akan membuka usaha di bidang penjualan gorengan free full service.




BAHAN DAN FASILITAS YANG AKAN DI PERGUNAKAN

 
*      Bahan dan cara pembuatan OTE – OTE
1.      BAHAN – BAHAN
v  Tepung terigu
v  Wortel
v  Daun bawang merah
v  Daun sledri
v  Tauge(kecambah)
v  Bawang putih
v  Gula
v  Garam
v  Lada
v  Tepung bumbu sasa
v  Minyak goring
v  Air secukupnya
v  Mangkuk
2.      ALAT YANG DI BUTUHKAN
v  Kompor
v  Wajan /penggorengan
v  Sendok
v  Alat penyaring(serok)
v  Spatula/sutil
v  Spatula Cekung
v  Pisau
v  Talenan
3.      CARA PEMBUATAN
Pertama kupas terlebih dahulu wortel dan bawang putih,kemudian cuci wortel,daun bawang merah,daun sledri,dan tauge(kecambah).kemudian potong wortel kecil-kecil memanjang,potong menjadi potongan kecil daun seledri dan daun bawang merah,Rajang halus bawang putih.masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk kemudian masukkan semua bahan yang telah di potong – potong ke dalam mangkuk,tambahkan air putih secukupnya ,campur sampai merata kemudian tambahkan garam secukupnya ,tepung bumbu sasa secukupnya, lada secukupnya .untuk penyedap rasa tambahkan gula sedikit ,aduk sampai merata ,apabila adonan sudah tercampur rata ,nyalakan kompor panaskan wajan yg hendak di pakai kemudian masukan minyak ke penggorengan tunggu sampai minyaknya panas ,apabila minyak sudah panas gunakan spatula

cekung untuk memasukkan adonan ke penggorengan satu persatu agar bentuknya baik ,tunggu adonan sampai terlepas dari spatula kemudian goreng sampai berwarna kecoklatan kemudian angkat dengan menggunakan serok atau alat penyaring.
*      Bahan dan Alat serta Cara Pembuatan TAHU BERONTAK 10 LEVEL
1.      BAHAN – BAHAN


 

v  Tahu
v  Bihun
v  Kecambah(tauge)
v  Wortel
v  Tepung terigu
v  Bawang putih
v  Garam
v  Lada putih
v  Lada hitam
v  Cabe kering bubuk
v  Gula
v  Air
v  Minyak goreng
v  Tepung bumbu sasa
2.       Alat yang di gunakan
v  Mangkuk
v  Sendok
v  Wajan/penggorengan
v  Panci
v  Spatula
v  Pisau
v  Kompor
v  Talenan
v  Alat Penyaring/serok
v  Kotak box kecil
3.      Cara Pembuatan
Pertama nyalakan kompor kemudian masak air sampai mendidih kemudian setelah mendidih masukkan bihun masak kira-kira 5 menit,sambil menunggu bihun matang kupas dan potong kecil-kecil wortel kemudian cuci hingga bersih,kupas bawang putih rajang halus.jangan lupa semua bahan harus di cuci terlebih dahulu ,setelah 5 menit angkat dan tiriskan bihun.kemudian campur bahan – bahan tersebut ke dalam mangkuk
Mulai dari tepung terigu ,kecambah,wortel,dan bihun yg sudah di tiriskan kemudian tambahkan garam ,lada putih ,bawang pth ,gula dan tepung bumbu sasa ,aduk sampai tercampur rata,apabila adonan sudah jadi.potong tahu berbentuk persegi kecil ,kemudian belah tahu di tengah kemudian masukkan adonan tadi ke dalam tahu.setelah itu panaskan minyak dan goring hingga berwarna kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan.campurkan lada hitam ,cabe bubuk,garam ,dan gula ,setalah itu campurkan bumbu tersebut dengan tahu yg sudah jadi dengan menggunakan kotak box sampai merata.setelah rata keluarkan dan tahu berontak level 1 – 10 siap santap.

*    Bahan ,Alat dan Cara pembuatan Tempe Menjes
1.      Bahan – Bahan
v  Tempe menjes
v  Air
v  Tepung Terigu
v  Bawang putih
v  Tepung bumbu sasa
v  Garam
v  Minyak goreng
2.      Alat yang di gunakan
v  Pisau
v  Talenan
v  Kompor
v  Penggorengan/wajan
v  Spatula/sutil
v  Alat penyaring
v  Mangkuk
3.      Cara Pembuatan
Pertama Campurkan tepung terigu,bawang putih yg telah halus,garam,tepung bumbu sasa dengan air aduk sampai merata ,kemudian potong tempe menjes menjadi potongan yg lebih kecil .kemudian masukkan ke dalam adonan lumuru tahu menjes dengan adonan hingga merata,kemudian nyalakan kompor ,tuangkan  minyak goring ke atas wajan  apabila sudah panas goring tempe menjes hingga kecoklatan setelah itu angkat dan tiriskan.




SUMBER DAYA MANUSIA
1.     Ibunda Sulvian aries ashar
2.     Moh abdur rohman
3.     Sulvian aris ashar
4.     Rachma wardani
5.     Rani septyaningrum

PROSES PRODUKSI
            Proses produksi insyaallah akan dilakukan secara berulang-ulang/ continuous tapi hal ini akan di tinjau kembali berdasarkan omset penjualan pertama.

MODAL KEUANGAN
            Modal usaha akan di ambil dari uang patungan antar anggota kelompok . modal akan di gunakan untuk proses produksi dan promosi ,antara lain :
1.      Pembelian bahan baku
2.      Pembelian alat untuk proses produksi
3.      Uang transpotrasi
4.      Biaya lain – lain


ADMINISTRASI USAHA
            Administrasi mengenai usaha nanti akan di catat dengan buku kas dan di dukung dengan nota ,struk dan kwitansi baik penjualan maupun pembelian suatu barang .


MEMASARKAN PRODUK

            Kami akan  memasarkan produk kami dengan cara menawarkan secara langsung kepada pembeli dengan cara kita mendatangi pembeli ,bukan pembeli yang mendatangi kita……selain itu barang /produk kami nantinya akan dapat di pesan juga melalui sms maupun telephone, karena kebanyakan dari siswa SMKN 1 JOMBANG apalagi kelas 3 yang mulai sekarang sudah di sibukkan dengan berbagai acara guna persiapan unas mereka sedikit sekali memiliki waktu untuk beristirahat itu dapat dibuktikan pula dengan banyaknya sampah yg berada di bawah bangku masing – masing .Nach maka dari itu kami akan menjajakan produk kami ke setiap kelas yang ada di SMKN 1 JOMBANG.
PENUTUP

          Demikian proposal ini kami buat , besar harapan kami agar proposal ini dapat disetujui guna agar membuat siswa lebih mandiri dan kreatif , selain itu kami sangat menyadari dalam proposal ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan dan harapkan guna penyempurnaan dalam penyusunan proposal – proposal di masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar